Botox secara luas digunakan dalam bedah umum dan kosmetik

Tapi tahukah Anda bahwa Botox juga bisa melupuhkan otot tubuh?

Itulah sebagian fakta tentang Botox, banyak orang mendukung pemakaiannya terutama karena manfaat kosmetik, sedang yang lain menentangnya akibat adanya potensi bahaya yang tidak kecil.

Berikut adalah beberapa fakta unik dan aneh tentang Botox yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya:

1. Botox adalah nama komersil dari botulinum. Botox sebenarnya beracun, bahkan dianggap salah satu racun paling kuat. Botox merupakan protein yang diproduksi oleh bakteri.

2. Anda mungkin pernah mendengar tentang botulisme sebelumnya, yaitu penyakit yang muncul akibat konsumsi makanan yang tercemar.

Namun, Botox tidak akan menyebabkan penyakit ini. Meskipun dibuat dari protein yang sama, Botox disuntikkan dalam tubuh dalam jumlah yang amat kecil sehingga tidak akan menyebabkan penyakit.

Racun dalam Botox dimurnikan terlebih dahulu sehingga mampu menciptakan efek yang mirip dengan botulisme (kelumpuhan otot) tapi tidak berbahaya.

3. Koreksi kosmetik hanya sebagian kecil dari penggunaan Botox untuk pasien.

Orang yang menderita kejang otot, termasuk masalah pada kandung kemih bisa mendapatkan keuntungan dari suntikan Botox. Botox dapat menghilangkan rasa sakit bagi mereka yang menderita masalah otot.

4. Botox bisa digunakan untuk mengatasi masalah keringat.

Sebagian orang memiliki kelenjar keringat yang terlalu aktif sehingga berkeringat terus-menerus.

Dengan menyuntikkan Botox ke dalam kelenjar keringat, produksi keringat bisa dikurangi secara efektif.

5. Ada lebih banyak kematian disebabkan penggunaan pengobatan “palsu” daripada jika menggunakan substansi yang benar.

Dalam dua puluh tahun terakhir, kurang dari lima puluh kematian tercatat dan tidak ada yang terkait dengan penggunaan Botox kosmetik.

Menggunakan bahan lain sebagai pengganti Botox yang belum diakui secara medis dapat menyebabkan cedera serius, komplikasi, bahkan kematian.

6. Botox cukup aman untuk kebanyakan orang. Namun, wanita yang hamil atau orang yang memiliki alergi telur dianjurkan tidak menjalani perawatan ini karena potensi risiko yang lebih besar.

7. Kurang dari lima persen pasien yang menerima suntikan mengalami efek samping yang serius.

Efek samping suntikan Botox antara lain memar, pembengkakan, mual, demam, dan beberapa perdarahan kecil di tempat suntikan.

Efek samping biasanya hanya bersifat sementara dan akan hilang dalam waktu beberapa hari.

8. Belum siap menjalani bedah kecantikan? Botox dapat dikombinasikan dengan pengisi dermal untuk membantu mengangkat dan mengencangkan wajah kendur dan menghilangkan keriput.

Prosedur ini disebut sebagai “liquid facelift”, berbiaya lebih murah dan tidak terlalu menyakitkan dibanding prosedur pembedahan konvensional.

9. Hampir siapa saja dengan lisensi medis diperkenankan untuk memberikan suntikan Botox.

Namun, tentu lebih aman untuk menemukan seseorang yang benar-benar berpengalaman dan terampil seperti dokter kulit atau ahli bedah plastik.

Sumber: .amazine